Pemkab Nias Barat Serahkan Bantuan JPS ke Warga Lahomi

Daerah382 Dilihat

Nias Barat, LiniPost – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Barat menyerahkan 1.391 paket bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) dalam bentuk sembako dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kepada warga kurang mampu dan terdampak Covid-19 di Kecamatan Lahomi.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli didampingi Wakil Bupati Khenoki Waruwu bersama unsur Forkopimda Nias Barat, di Kantor Camat Lahomi, Selasa, (26/5/2020). Turut hadir saat itu, Camat Lahomi, Kepala Desa dan sejumlah masyarakat setempat.

ads

Faduhusi Daeli dalam arahannya mengatakan, bantuan JPS ini sebagai wujud kepedulian pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk meringankan beban masyarakat se-Sumut yang terdampak Covid-19, termasuk Kabupaten Nias Barat.

Bupati juga meminta para Kepala Desa untuk mendata warga miskin yang belum menerima bantuan JPS dari Provinsi untuk diajukan kepada Gugus Tugas Kabupaten Nias Barat.

“Bagi yang tidak mendapatkan bantuan Provinsi akan kita berikan bantuan sosial dari Kabupaten,” katanya.

Kadis Sosial Nias Barat, Ekonomi Daeli pada laporannya menyebutkan, kuota keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan JPS provinsi Sumut di Nias Barat sebanyak 14.568 KPM, tersebar di masing-masing Desa di 8 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Nias Barat.

“Hingga kini, sudah 7 kecamatan disalurkan Bansos tersebut. Saat ini, khusus Kecamatan Lahomi sebanyak 1.391 KPM tersebar di 11 Desa di wilayah Kecamatan setempat. “Paket Sembako ini berupa beras premium 10 Kg, gula pasir 2 Kg, minyak goreng 1 liter, mi sedap 20 bungkus, dan 1 kaleng susu merek tiga sapi,” sebutnya.

Menurut Ekonomi, semua data penerima Bansos ini, bersumber dari data yang diusulkan oleh masing-masing Kepala Desa kepada Bupati Nias Barat melalui Camat setempat.  “Tidak ada data yang muncul selain data yang diusulkan oleh kepala desa,” imbuhhnya.

Dalam penyaluran bansos ini, Pemkab Nias Barat bekerjasama dengan TNI dan Polri.  Kata dia, agar mutu, kualitas, jumlah atau volume terjamin, Gugus Tugas Nias Barat menjalin kerjasama dengan Perum Bulog Cabang Pembantu Gunungsitoli.  (Red)